Memanfaatkan LCD Laptop Bekas Menjadi TV

 

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Hari ini kita akan membuat sebuah tv dengan memanfaatkan lcd laptop bekas yang sudah tidak terpakai lagi, mungkin itu karena rusak atau sudah ada penggantinya. Saya sarankan apabila laptop lama masih berfungsi normal jangan dibongkar biarlah buat koleksi saja.

Okeh sebelum memulai tutorialnya siapkan dulu alat dan bahannya ya

1. Universal TV Board 

Untuk alat ini bisa kita dapatkan di toko online, yang diperhatikan sebelum membeli adalah tipe panel lcd laptop bekasnya, contoh panel saya tipenya LP140WH4. Harus diinfokan dan ditanyakan terlebih dahulu kepada pelapak/sellernya mengenai tipe panel yang kita punya agar tidak terjadi salah beli.

2. Lem Tembak

Lem ini digunakan untuk melekatkan board dengan lcd panel, nantinya board universal tv ini diletakkan di belakang panel lcd agar lebih estetik.


Apabila semua alat dan bahan sudah terpenuhi marilah kita mulai tutorialnya.

1. Sambungkan kabel LVDS (Penghubung antara board universal tv dengan panel lcd) dengan benar, caranya adalah pastikan pin konektornya menghadap keatas dulu baru kita masukkan ke port lvds pada lcd panelnya.

2. Sambungkan kabel adapter ke board universal tv (yang bentuknya bulat warna hitam) lalu sambungkan power adaptor ke sumber listrik

3. Jika muncul gambar dengan tulisan no signal berarti sudah berhasil, jika belum nyala silahkan tanyakan kepada pelapak/seller.

4. Pasang antenna tv, untuk masuk dalam mode tv, gunakan remote tekan input lalu arahkan ke tv klik ok. Untuk scan siaran tv, pencet tombol menu pada remote lalu pilih auto scan.

5. Jika menggunakan media lain untuk sumber gambar, bisa masuk dalam mode av, computer(vga), ataupun hdmi dengan cara menekan tombol input pada remote.

Note:

Jika ingin mengubah boot logo (tampilan saat tv baru dinyalakan)

1. Download gambar dari google(bebas sesuai selera) usahakan resolusi minimal 720x1280

2. Copy gambar ke flashdisk

3.     Pasang flashdisk pada board universal tv

4. Nyalakan tv rakitan yang sudah dibuat tadi, masuk ke mode media dengan cara pencet input>media. Lalu pilih photos

5. Buka gambarnya lalu pilih capture untuk menjadikanya sebagai boot logo.


Wassalamualaikum Wr. Wb.


Comments